• Jln. Danau Aji Kel. Melayu Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara 75512
  • 0541 661350

NEWS DETAILS

Jelang Ramadan, Stabilitas Harga Komoditas Bawang Putih dan Cabai Rawit Jadi Perhatian TPID Solo

Jelang Ramadan, Stabilitas Harga Komoditas Bawang Putih dan Cabai Rawit Jadi Perhatian TPID Solo

SOLO, JATENG - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan dan pasokan jelang Ramadan 2018. Sekretaris TPID Surakarta yang juga selaku Deputi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Surakarta, Muhammad Taufik Amrozi berujar saat ini komoditas yang masih tinggi adalah bawang putih. "Dari hasil koordinasi TPID dengan distributor pangan tempo hari hasilnya dari distributor bawang putih mengaku kondisi pasar wajar tidak ada masalah," ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/4/2018) Namun faktanya bawang putih masih tinggi di pasaran. 

Adapun informasi terkait impor bawang putih juga belum berpengaruh terhadap harga bawang putih. Taufik berujar koordinasi juga terus dilakukan agar stabilitas harga tetap terjaga, dan juga melakukan investigasi untuk melihat kondisi yang ada di lapangan. Selain itu juga cabai rawit, komoditas ini perlu diwaspadai karna sangat rentan terhadap cuaca. "Saat ini masih musim hujan, dan komoditas ini apabila cuaca hujan mudah busuk," ujarnya. 

Selain itu harga yang dianggap kurang stabil yakni telur dan daging ayam. Dimana adanya isu telur palsu dan larangan pemerintah dalam menggunakan vitamin percepatan produksi untuk pertumbuhan pada bibit ayam kecil. ”Maka dari itu kedepan TPID Kota Surakarta akan terus hadir di masyarakat untuk menjaga inflasi di daerah tetap rendah dan stabil, demi mencapai pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas,” tutupnya.