• Jln. Danau Aji Kel. Melayu Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara 75512
  • 0541 661350

NEWS DETAILS

BI Mendorong UMKM Kukar Tembus Akses Pemasaran Melalui Digitalisasi 4.0

Gambar berita Terbaru

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Timur mendukung integrasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang ditujukan khusus kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). 

Mereka berkomitmen untuk mendukung tercapainya UMKM 4.O, yakni UMKM yang memiliki akses pemasaran melalui digital, seperti e-commerce, sertifikasi, pembiayaan dan pembayaran nontunai. 

KPwBI Kaltim bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kukar dalam menjalankan progam edukasi dan sosiaisasi terkait pemanfaatan sarana digital, khususnya disituasi pandemi Covid-19 saat ini. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim, Tutuk S.H. Cahyono menjelaskan, BI sebagai otoritas sistem transaksi ingin menguatkan pelaku UMKM untuk bisa berbisnis secara online dan melakukan pembayaran secara online, sehingga proses transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

“BI memberikan penguatan kepada UMKM di era digital dan covid. Melakukan pembayaran secara online, jadi tidak lagi bersentuhan, konsumen bisa menggunakan Hp untuk bayar dari rumah nanti, barang bisa minta diantar,” jelasnya, Selasa (8/9/20) di Pendopo Bupati Kukar, Tenggarong. 

Tidak sampai di situ, BI juga membuka kesempatan akses pembiayaan dari perbankan. “Transaksi pembayaran online itu akan tercatat oleh perbankan, dengan demikian perbankan bisa menilai, kami sebut ini sebagai credit profiling. Kalau sudah tercatat dengan baik, perbankan tau kemampuan bisnis transaksinya ini sudah seberapa jauh, nanti ini kan ujung-ujungnya kredit pembiayaan, kalo produknya laku dan aktif transaksi pembelian melalui online yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan dianggap layak oleh perbankan  maka akan diberikan kredit atau pembiayaan lagi,” Kata Tutuk.

Dalam kegiatan ini, dihadiri juga Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah yang menyampaikan terima kasih kepada BI perwakilan kaltim karena telah memberikan pelatihan dan sosialisasi terkait digitalisasi pemasaran pada UMKM Kukar. 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia perwakilan Kaltim, sudah memberikan pelatihan kepada UMKM berkaitan dengan digitalisasi,” sebutnya. 

Lebih berharap, lanjutnya, dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini dapat membuka wawasan masyarakat khususnya UMKM untuk dapat mempromosikan prodak-prodak mereka  melalui sistem digital, jual beli online. “Lebih membuka wawasan kita gimana memperomosikan prodak barang lewat digitalisasi jual beli online,” ungkapnya.

Selain itu, Edi juga optimis kegiatan ini akan terus berjalan. “Optimis, kan sudah berjalan, tinggal penguatan dan pengembannya saja. Di Pasar Mangkurawang sudah ada transksi online,” pungkasnya.

Pelatihan Digitalisasi UMKM Menuju UMKM 4.0 kali ini merupakan batch dua, sebelumnya, batch satu sudah dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 11 sampai 14 Agustus 2020 di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kukar di jalan Danau Aji, Tenggarong.

sumber : http://www.korankaltim.com/read/berita-terkini/35960/bi-mendorong-umkm-kukar-tembus-akses-pemasaran-melalui-digitalisasi-40